Pulang ke daerah, KMBY blusukan ke sekolah-sekolah ajak siswa kuliah

Gambar: Suasana Soskam di SMA Negeri 1 Tanjung Bumi

KMBY - Keluarga Mahasiswa Bangkalan Yogyakarta (KMBY) menggelar kegiatan Sosialisasi kampus (Soskam) pada hari selasa, 24/01/22. Soskam ini berlangsung selama tiga hari (24 -26/1). 


Kegiatan ini bertujuan memberikan informasi seputar jogja, kampus-kampus di jogja, dunia perkuliahan, informasi jalur masuk dan beasiswa, hingga biaya hidup selama berada di kota Istimewa Yogyakarta. 


Di samping tujuan di atas, kegiatan yang juga menaikkan brand kampus-kampus Jogja di kalangan siswa Bangkalan ini juga bertujuan untuk memotivasi dan memantik setiap siswa agar melanjutkan kuliah. 


KMBY sebagai salah satu organisasi daerah yang ada di Yogyakarta telah berkomitmen untuk membantu setiap siswa lulusan SMA Sederajat yang berkeinginan untuk berkuliah.


Salah satu bentuk kontribusi KMBY dalam membantu dan mengarahkan siswa-siswi yang setelah lulus ingin kuliah adalah dengan memberikan sosialisasi ke sekolah-sekolah, dan membantu mengakomodasi segala keperluannya khususnya yang ada di Bangkalan.


Soskam ini merupakan agenda tahunan dan proker dari divisi kaderisasi yang rutin dilaksanakan satu kali selama satu tahun setiap kali menjelang tahun ajaran baru. 

Gambar: ketua panitia Soskam bersama kepala sekolah SMA Sunan Cendana

Tahun ini kegiatan soskam diselenggarakan di delapan sekolahan dari berbagai kecamatan yang ada di Kabupaten Bangkalan. 


Di antaranya SMA Negeri 1 Kokop, SMA Negeri 1 Tanjung Bumi, MA Nurul Cholil 2 (galis), MA Nurul Karomah (galis), SMA Sunan Cendana (kwanyar)  dan sekolah-sekolah lainnya.


Pada kesempatan ini KMBY juga berhasil menggait beberapa kampus di Yogyakarta untuk bekerjasama dan menjadi mitra KMBY selama kegiatan Soskam berlangsung. 


Di samping menggelar sosialisasi kepada siswa kelas akhir KMBY juga melakukan sosialisasi kepada para Kepala Sekolah di tiap daerah, mekanisme soskam ini pun juga beragam antara satu sekolah dengan sekolah yang lainnya. Ada yang digabung dari beberapa kelas menjadi satu kelas di auditorium, dan ada juga yang disampaikan satu-persatu setiap kelas. 


Irfan maulana sebagai ketua umum KMBY menambahkan bahwa kegiatan soskam ini tidak hanya selesai di ruang kelas saja. Namun, besar harapan di luar presentasi setiap siswa dan sekolah bisa menghubungi Call center KMBY yang telah disediakan agar hubungan yang terbangun lebih dekat dan maksimal.*() 


Penulis : Nur Rahmat

Editor   : Ibrahim

0 Komentar