KMBY Meriahkan Tumbuk Yuswa ke-80 Sultan Hamengku Buwono X dengan "Tanduk Majeng dan Pencak Silat"

Gambar: Dokumen Media KMBY


Pada penghujung tahun 2023 atau Jimawal 1957, Sri Sultan Hamengku Buwono (HB) X merayakan tumbuk yuswa atau ulang tahun ke-80 berdasarkan penanggalan Jawa.


Keraton Yogyakarta menggelar berbagai rangkaian kegiatan dalam rangka mangayubagya bertajuk Lenggahing Harjuno.


Salah satu kegiatan yang turut memeriahkan perayaan Hari Ulang Tahun Sultan adalah pentas pertunjukan bertajuk gelar budaya yang diselenggarakan oleh Gerakan Kemanusiaan Republik Indonesia (GKR Indonesia) gelaran budaya ini mengusung tema besar “Hamangku, Hamengku, Hamengkoni”


Selain Gelar budaya, pada kesempatan ini juga terdapat sesi Gelar Kebudayaan Rakyat, di mana Sri Sultan Hamengku Bawono x menyapa dan menyambut para mahasiswa. 


Acara gelar budaya ini dilaksanakan di Sasono Hinggil Dwi Abda sebuah bangunan bersejarah dan cagar budaya Indonesia yang terletak di Alun-alun Selatan, kota Yogyakarta. Bangunan ini didirikan pada masa Sri Sultan Hamengkubuwono I (1755–1792). 


Acara ini diikuti dan dimeriahkan oleh tujuh delegasi perwakilan dari beberapa daerah dengan pertunjukan seni dan kebudayaan Daerahnya. Turut andil dan membawakan kesenian dan Budaya Madura Keluarga Mahasiswa Bangkalan Yogyakarta (KMBY). 


Tampil pada nomor urut dua setelah penampilan Kontigen Jawa Barat, KMBY membawakan pertunjukan Tarian Khas Madura "Tanduk Majeng dan seni bela diri pencak silat".


Acara gelaran budaya yang dimulai pada jam 14:00 dihadiri DPRD, Kapolda, Ketua PTA dan tamu-tamu penting lainnya. *() 



0 Komentar